Rabu, 01 Mei 2013

pengertian elektronika

Home > Elektronika Kreasi > Pengertian Elektronika

Gambar skema Pengertian Elektronika beserta komponen dan cara pembuatannya

Pengertian Elektronika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengendalian arus listrik yang dapat di operasikan dengan cara mengontrol aliran elektron, pengendalian elektron ini terjadi dalam ruangan hampa atau ruang yang berisi gas bertekanan rendah seperti tabung gas dan bahan semikonduktor.
Sementara itu, definisi dari pengertian elektronik adalah kata sifat yang dapat kita hubungkan dengan piranti piranti kekalng atau sistem yang mengunakan piranti piranti electron. Contoh dari perangkat elektronik adalah pengemudi elektronik (electronic control), perlengkapan elektronik (electronic aquipment), piranti elektronik (electronic device) dan instrumen musik yang menggunakan alat elektronika.
Pengertian Elektronika
Cabang ilmu yang mempelajari tentang pengertian elektronika adalah cabang dari ilmu fisika, semantara untuk bentuk dan desain pembuatan sirkuit elektronik adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer dan ilmu atau teknik elektronika dan instrumensi.
Alat alat yang banyak di gunakan dalam dasar kerja elektronika ini biasanya di sebut sebagai peralatan elektronik (electronic device). Contoh peralatan atau piranti dari electronic device adalah tabung sinar katoda (cathoda ray tube), radio, tv, perekam kaset, perekam kaset video ( VCR ), perekam vcd, perekam dvd, kamera video, kamera digital, komputer pribadi, komputer laptop, robot dan smart card.
Elektronika yang berhubungan dalam bentuk gas akan mempelajari piranti elektronia seperti tabung gas jenis foto yang banyak di gunakan dalam industri film sebagai sound on film sensor. Sedangkan pengertian elektronika yang berhubungan dengan partikel bermuatan semikonduktor akan mempelajari ilmu seperti dioda, transistor dan IC.
Dalam sebuah pengertian elektronika juga terdapat NTC (Negative Thermistor Coefisien) yang di gunakan untuk merubah nilai resistansi berbanding terbalik dengan perubahan suhu yang ada padatnya. Artinya pada saat suhu rendah maka resistansi akan tinggi, sebaliknya jika suhu naik maka tahanannya pun akan menurun.
Ada juga PTC (Positive Thermistor Coefisien) yang nilai dari resistansinya berbanding lurus dengan suhunya. Pada saat suhunya rendah, maka resistansi akan mengecil, sedangkan pada saat suhu tinggi, maka nilai resistansi akan menjadi besar. Pengertian Elektronika LDR (Light Detect Resistor) yang memiliki nilai dari komponen ini berubah terpengaruh oleh cahaya yang mengenainya.
Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Elektronika, semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga postingan terakhir kami tentang Komponen Elektronika dan Skema Elektronika.


Share Artikel Pengertian Elektronika


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar